7 Tips Mujarab Mengobati Luka Memar atau Lebam

No comment 109 views

Apakah anda pernah mengalami luka memar atau lebam ? Luka memar bisa terjadi karena bagian tubuh terkena benturan terhadap benda keras dengan tekanan yang keras, misalnya terjatuh, terbentur meja, terkena pukulan, tendangan, dsb. Luka Memar biasanya ditandai dengan benjolan pada bagian tubuh yang terbentur dan kemudian muncul warna kebiru-biruan (lebam). Warna kebiru-biruan dapat muncul manakala pembuluh darah yang berada disekitar luka mengalami kerusakan (pecah) sehingga menyebabkan darah masuk ke jaringan yang ada disekitarnya. 
Jika anda mengalami luka lebam atau memar, berikut ini  ada 7 Tips mujarab mengobati luka memar atau lebam, yakni :
  1. Segera kompres dengan air dingin ( es ), kira-kira 10 -15 menit , agak sedikit ditekan untuk mengurangi pembengkakan. Cara ini bisa dilakukan jika hanya terjadi luka memar tanpa pendarahan pada luka.
  2. Jika terjadi pendarahan pada luka, gunakan kompres hangat dulu selama 15 – 20 menit.  Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan aliran darah ke bagian tubuh yang luka bisa lancar, sehingga proses penyembuhan bisa relative lebih cepat. Pengiriman leukosit dan antibiotic ke daerah luka juga akan lancer melalui pembuluh darah ini. Selanjutnya lakukan kompres dengan air dingin kira-kira 10 – 15 menit. Ulangi kembali setiap 3 jam sekali sampai memar atau bengkaknya hilang
  3. Untuk kompres dapat digunakan kompres hangat dalam kemasan yang banyak dijual di apotek atau juga bisa dengan air hangat yakni dengan mencampurkan air panas dan air dingin (jangan gunakan air mendidih karena bisa menimbulkan luka bakar)
  4. Jangan gunakan balsem atau obat gosok karena bisa menambah lebar bagian atau area yang lebam atau memar. Sebaiknya gunakan minyak (oil) yang tidak menimbulkan rasa panas/dingin seperti Minol™ atau juga bisa menggunakan salep seperti thrombophob™.  
  5. Penggunaan oil atau salep thrombophob hanya untuk bagian luar tubuh dan dioleskan secara merata pada bagian yang bengkak (dioleskan dengan tipis saja).
  6. Khusus luka lebam atau  memar yang terjadi di sekitar mata akibat terkena pukulan, bisa dilakukan dengan cara mengkompres dengan air dingin, kemudian dilanjutkan kompres dengan air hangat.  Ulangi cara ini secara bergantian sampai bengkaknya hilang. Jangan gunakan obat atau salep untuk luka disekitar mata.
  7. Yang perlu diperhatikan jika luka lebam atau memar di sekitar mata adalah memastikan ada tidaknya gangguan pada penglihatan. Jika tidak ada, maka dapat dilakukan cara penanganan memar seperti diatas. Namun jika ternyata ada gangguan pada penglihatan akaibat memar tersebut, maka sebaiknya harus segera diperiksakan ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit.

Related Search

author
Author: 

    Leave a reply "7 Tips Mujarab Mengobati Luka Memar atau Lebam"